Selasa, 18 Desember 2012

Partisipasi Masyarakat Kota Bekasi dalam Pilkada 2012 Rendah


Partisipasi Masyarakat Kota Bekasi dalam Pilkada 2012 Rendah


Pasangan PAS (Rahmat Effendi/Pepen – Ahmad Syaikhu) Unggul Versi Quick Count


Bekasi – Hari Minggu (16/12/2012) masyarakat Kota Bekasi mengadakan pesta demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota periode 2013-2018. Namun pesta demokrasi tersebut tidak semeriah yang diharapkan. Partisipasi masyarakat dalam Pilkada tersebut rendah, hampir 50% lebih masyarakat Bekasi tidak menggunakan hak pilihnya alias Golput. Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI)  48,81 % pemilih yang aktif sementara hamper 52 % adalah Golput. Hal ini sangat disayangkan, padahal ini merupakan kesempatan mereka untuk memilih pemimpin mereka yang diharapkan bisa membawa Kota Bekasi lebih maju. Berdasarkan pantauan di lapangan banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sepi, padahal petugas KPPS sudah mengumumkan dan memanggil yang punya hak pilih untuk menoblos berkali-kali lewat pengeras suara.
Partsipasi yang rendah ini jauh berbeda dengan Pilkada tahun 2008. Pada Pilkada tahun 2008 partisipasi masyarakat lumayan tinggi mencapai 67 % dari total jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1,1 juta jiwa lebih. Padahal untuk Pilkada 2012 Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi menargetkan 80% pemilih dari DPT yang sebanyak 1,6 juta jiwa.
Hasil perhitungan cepat (quick count) dari berbagai lembaga survei, pasangan PAS yang diusung oleh Partai Golkar, PKS, Hanura dan PKB unggul dari pasangan yang lain. Menurut rilis LSI hasil quick count sebagai berikut : pasangan dari jalur Independen Shalih Mangara Sitompul dan Anwar Anshori (SALAM) memperoleh 5,45% suara, pasangan Sumiyati Mochtar Mohamad dan Anim Imamuddin (SM2 Anim) yang disusung oleh Partai PDIP, PSDS dan PBB memperoleh 19,95% suara, pasangan Dadang Mulyadi dan Lukman Hakim (DALU) yang diusung oleh Partai PAN, Gerindra dan PPP memperoleh 25,45% suara, pasangan Rahmat Effendi/Pepen dan Ahmad Syaikhu  (PAS) yang diusung oleh Partai Golkar, PKS, Hanura dan PKB memperoleh 43,99% suara, sementara pasangan Awing Asmawi dan Andi Zabidi (AA AZIB) yang diusung oleh Partai Demokrat memperoleh 5,18% suara.
Sementara hasi perhitungan cepat Indo Survey & Strategy (ISS) dari data yang masuk sebesar 99,50 % dengan tingkat partisipasi 49 % sebagai berikut : Pasangan SALAM memperoleh 6,44 % suara, pasangan SM2 Anim sebesar 17,61 % suara, pasangan DALU memperoleh 26,33 % suara dan pasangan AA Azib memperoleh 7,34 % suara.
Meskipun hasil dari berbagai lembaga survei sudah hampir dapat dipastikan pasangan PAS yang menang dan berlangsung hanya satu putaran saja, hasil resminya tetap menunggu dari KPUD Kota Bekasi.
(piek)

1 komentar:

  1. Muantef masbro ... tp bae-bae ah ntar kecebur, jgn deket2 .. infone wokelah .. lanjutkan !!!!

    BalasHapus